Minggu, 20 Maret 2011

Bulu Mungil Makhluk Kuno Perbaiki Otot Rusak

Headline 
Peneliti dari Manchester University mengatakan hewan yang dikenal dengan nama tunicates itu memiliki senyawa pada bulunya yang mampu bertindak sebagai penghalang kerusakan pada jaringan otot manusia. Ini berpotensi menciptakan pengobatan optimal bagi pasien dengan luka serius ataupun cacat permanen.
Ahli bimaterial itu menemukan bahwa bulu hewan tersebut memiliki senyawa seluleosa yang mampu mendorong sel-sel otot yang rusak ‘memperbaiki diri’ secara bersamaan. Ahli biomedis Stephen Eichorn, Julie Gough dan James Dugan berhasil mengekstraksi senyawa tersebut.
Dr. Eichorn percaya ekstrak selulosa itu mampu memperbaiki otot yang ada dengan menumbuhkan otot baru sejak dini. “Ada potensi untuk rekayasa otot presisi serta struktur arsitektural yang selaras dengan ligamen dan saraf.”
Tunicates juga dikenal sebagai sea squirts yang berkembang dalam berbagai bentuk dan ukuran di seluruh lapisan bawah dunia. Bahkan, makhluk tersebut bisa ditelusuri hingga 450 juta tahun lalu, periode Kambrium. [mor]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Archive