Rabu, 23 Maret 2011

Inilah Pemetaan Sejarah Manusia di Wikipedia

Headline

Gareth Lloyd dan pengembang, Tom Martin, memanfaatkan artikel Wikipedia untuk menunjukkan pemetaan sejarah manusia di media internet. Pemetaan animasi soal peristiwa yang terjadi di seluruh dunia itu berbentuk titik semacam radar di peta dunia.
Artikel Wikipedia yang menceritakan sejarah sejak 499 SM dan tahun 2011 berjumlah sekitar 14.238 yang digabungkan dalam data peta seluruh dunia. proyek yang diberi nama ‘Sejarah Dunia dalam 100 Detik’ ini memberikan animasi dengan timeline yang sangat cepat. Khalayak akan melihat garis besar pencatatan sejarah di seluruh dunia.
Namun data Lloyd dan Martin tidak dapat dikatakan sebagai data lengkap. Lloyd menceritakan di blog bahwa mesin pencari Wikipedia yang mereka manfaatkan sebenarnya menyimpan lebih dari 424.000 artikel dan 35.000 referensi kegiatan. Ttidak semua data itu dapat ditentukan koordinat dalam pemetaaan untuk bantuan visualisasi.
"Berdasarkan data internet, pemetaan itu butuh waktu setidaknya 1.100 tahun untuk menunjukkan sesuatu yang menarik di luar Eropa,” tulis Gizmodo.
Meskipun begitu, Lloyd dan Martin mendapat hadiah dari ‘History Hackday’ sebagai pemenang program visualisasi terbaik untuk bidang animasi. [mor]

sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Archive