Sabtu, 26 Maret 2011

Plastik Bisa Picu Menopause Dini Pada Wanita

Headline  
hospitalnazareth.com
Kadar perfluorocarbon (PFC) tinggi pada plastik bisa menyebabkan perubahan siklus kehidupan. Dr Sarah Knox mengatakan, “Tak diragukan, memang ada hubungan antara PFC dengan menopause dini. Namun, sebab akibatnya belum jelas”.
Salah satu penjelasannya, wanita di rentang usia 42-46 tahun memiliki kadar PFC lebih tinggi karena PFC yang ada tak lagi keluar melalui menstruasi, papar Knox lebih lanjut. Studi menemukan, tingkat PFC tinggi terkait risiko menopause di rentang usia itu.
Studi ini sendiri diterbitkan di Endocrine Society’s Journal of Clinical Endrocrinology & Metabolism. Seperti dikutip Telegraph, penelitian itu juga mengungkap, wanita berkadar PFC tinggi di rentang usia itu diyakini memiliki hormon esterogen lebih sedikit dibanding wanita berkadar PFC rendah.
Studi besar ini dilakukan guna mengetahui efek PFC pada manusia, terutama wanita. Data menunjukkan, wanita yang sudah memasuki masa pra-menopausal lebih mungkin mengalami menopause jika memiliki konsentrasi serum PFC lebih tinggi, tutupnya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Archive