Selasa, 29 Maret 2011

Radiasi Jepang Sampai ke China-Korsel

Headline 
youtube.com

Pemerintah China mendeteksi radiasi dalam level amat rendah di udara, yang berasal dari PLTN Fukushima Daiichi yang bermasalah di Jepang, di bagian selatan-timur negara itu. Kementerian Perlindungan Lingkungan Hidup menyatakan terus memantau kawasan tersebut.
“Mulai dari Shanghai di timur hingga ke kawasan selatan Guangxi, dimana terdeteksi dosis amat kecil yodium-131,” demikian kementerian tersbut. Materi dan dosisi yang sama juga ditemukan di Provinsi Heilongjiang, di timur laut.
Sementara pemerintah Korsel mendeteksi yodium (iodine) radioaktif tersebut di Ibukota Seoul. Hasil ini diperoleh setelah analisa sampel yang diambil dari udara di 12 wilayah Korea Selatan. Korea Institute of Nuclear Safety (Kins) menyatakan level radioaktifnya amat kecil dan tak berbahaya.
PLTN Fukushima Daiichi bermasalah sejak gempa bumi 9,0 SR di Jepang pada 11 Maret lalu. Terjadi beberapa kebocoran radiasi ke udara, termasuk ke air laut dekat PLTN tersebut. Hingga kini, Tokyo Electric Power Co. selaku operator PLTN, masih terus berusaha meredam kebocoran.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Archive